Ajax 1-4 Real Madrid

Real Madrid sukses mencuri tiga poin penuh saat bertandang ke markas Ajax di Amsterdam Arena dalam lanjutan putaran grup Liga Champions, Kamis (4/10) dinihari WIB, berkat kemenangan 4-1.

Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick di pertandingan ini. Sementara satu gol Real Madrid lainnya dicetak Karim Benzema dengan sebuah atraksi yang sensasional.

Kemenangan ini mengantarkan Real Madrid masih memuncaki klasemen sementara Grup D dengan mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan. Di pertandingan lain, Borussia Dortmund mampu menahan imbang tuan rumah Manchester City 1-1 sehingga berhak ada di peringkat kedua. Posisi ketiga dan juru kunci dihuni The Citizens dan Ajax.

Gelandang Kaka mendapat kepercayaan tampil sebagai starter bersama Michael Essien di lini tengah. Sementara Sami Khedira, Mesut Ozil, dan Angel Di Maria sengaja dicadangkan sebagai persiapan untuk menghadapi Barcelona di El Clasico pada akhir pekan ini.

Babak Pertama

Real Madrid langsung tampil menyerang di awal babak pertama ini. Ronaldo memiliki peluang bagus di menit kempat. Sepakan dari sudut sempit dilakukan di sisi kanan kotak penalti, namun masih melebar dan dibuang pemain lawan.

Pada menit ke-14, Ronaldo memiliki peluang emas. Tinggal berhadap-hadapan dengan dengan kiper Ajax, namun Kenneth Vermeer masih mampu menepis sepakan keras pemain asal Portugal itu. Satu menit berselang, pemain asal Portugal itu mengirim umpan kepada Kaka, namun sepakan pemain asal Brasil itu masih bisa ditepis  Vermeer.

Dominasi El Real terus berlanjut. Kaka mengirim umpan berbahaya ke arah gawang, namun Arbeloa gagal menggapai dengan sundulan kepala karena bola mengalir terlalu deras dan dirinya mendapat kawalan ketat dari pemain lawan.

Pada menit ke-22, peluang lagi-lagi didapat Real Madrid. Tendangan keras Kaka dari dalam kotak penalti masih bisa diblok Ricardo van Rhijn. Satu menit berselang giliran Ajax yang memiliki peluang lewat Siem de Jong. Namun, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran.

Saat pertandingan babak pertama menyisakan sepuluh menit lagi, Kaka kembali mengancam pertahanan Ajax. Sang gelandang merangsek ke dalam kotak penalti dengan melewati van Rhijn, namun umpannya kepada Jose Callejon mampu dibuang Moisander. Dua menit kemudian, umpan Callejon gagal dibuang dan justru mengarah kepada Ronaldo. Pemain yang terakhir ini melepaskan tendangan kaki kiri, namun masih melebar. Pada menit ke-39, Marcelo mampu menyambar umpan Kaka, namun Vermeer mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Setelah melakukan serangan bertubi-tubi, akhirnya Real Madrid mampu memecah kebuntuan di menit ke-41. Pergerakan apik Benzema di sisi kanan pertahanan Ajax berbuah umpan ke depan gawang. Bola sempat mengenai beberapa pemain lawan, dan sudah ada Ronaldo yang bergerak bebas dan tinggal menceploskan bola ke dalam gawang.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-47, Real Madrid makin unggul berkat gol spektakuler yang dicetak Benzema. Berawal dari pergerakan Marcelo yang merangsek ke pertahanan Ajax, bola kemudian dikirimkan kepada Kaka di sisi kiri pertahanan lawan. Kaka kemudian memberi umpan cantik kepada Benzema, dan dilanjutkan dengan tendangan salto sang striker.

Real Madrid sempat mendapat ancaman lewat pergerakan de Jong. Beruntung masih ada Kaka yang membantu pertahanan dengan merebut bola dari penguasaan pemain lawan di depan kotak penalti Real Madrid.

Pada menit ke-50, serangan sporadis Real Madrid nyaris membahayakan pertahanan Ajax. Beruntung barisan pertahanan mereka mampu membendung serangan yang dilancarkan Kaka, Ronaldo, dan Marcelo. Beberapa saat kemudian, Kaka mengirimkan umpan ke depan gawang, namun masih membentur kaki pemain lawan dan bola disapu keluar area kotak penalti.

Ajax akhirnya mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-55 lewat tandukan Moisander yang berhasil meneruskan umpan sepak pojok Christian Eriksen, tanpa bisa dihalau Essien dan Iker Casillas.

Dua menit kemudian, Ajax memiliki peluang berbahaya lewat tendangan bebas, tepat di depan kotak penalti Real Madrid setelah Essien melakukan pelanggaran dengan menahan bola menggunakan tangan. Beruntung tendangan bebas Eriksen masih membentur pagar hidup lawan.

Pada menit ke-63, Marcelo terlihat terjatuh di kotak penalti Ajax saat menerima umpan Kaka dan dikawal salah seorang pemain lawan. Wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran dan pertandingan terus berlanjut.

Dua menit berselang, Danny Hoesen mendapat peluang emas setelah de Jong gagal mengarahkan bola. Dalam posisi bebas, Hoesen justru gagal mengarahkan bola dengan maksimal. Setelah itu, Ryan Babel melepaskan sepakan jarak jauh, namun bola melambung di atas mistar gawang.

Real Madrid kian menunjukkan dominasi dalam pertandingan ini lewat tendangan jarak jauh Ronaldo pada menit ke-79. Setelah kerjasama satu-dua dengan Benzema, CR7 melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tanpa bisa dijangkau Vermeer.

Ronaldo hanya butuh waktu dua menit lagi untuk bisa mencetak hat-trick di laga yang berlangsung seru ini. Sang bintang melakukan pergerakan dari belakang dan kemudian mencip bola, tanpa bisa dijangkau Vermeer. Ronaldo sendiri sebelumnya mencetak hat-trick di laga Primera Liga lawan Deportivo La Coruna dengan kemenangan 5-1.

Susunan Pemain Inti:

Ajax (4-3-3): Vermeer; Van Rhijn, Alderweireld, Moisander, Blind; De Jong, Poulsen, Eriksen; Sana, Babel, Boerrigter

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Arbeloa, Pepe, Ramos, Marcelo; Xabi Alonso, Essien; Kaka, Callejon, Cristiano Ronaldo; Benzema

Tidak ada komentar:

Posting Komentar